PROGRESS III KONSEP COUNTRY

Gaya country merupakan salah satu tema desain yang kerap kali diaplikasikan pada rancangan interior. Dominasi warna-warna earthtone, material ekspos, serta barang vintage tampil sebagai elemen dekoratif. Elemen tersebut menciptakan suasana hangat dan personal, seperti yang tampak pada gaya desain sudut baca berikut ini.

 

Dua buah arm chair menjadi focal point yang berlatarkan susunan kayu sebagai penutup dinding. Lantainya sengaja dibiarkan polos tanpa finishing sehingga elemen lain seperti karpet dan aksesori boks kayu terlihat lebih menonjol. Tertarik mengaplikasikannya di rumah? Anda bisa menciptakannya sendiri! Berikut ini adalah 5 elemen yang identik dengan gaya country.

2629+2630

  • Earthtone Colors

Kunci utama dalam merancang interior bergaya country adalah penggunaan warna. Aplikasikan warna-warna natural seperti cokelat, putih gading, krem atau merah bata. Warna tersebut mampu menciptakan suasana hangat pada ruangan.

  • Material Ekspos

Gaya country identik dengan suasana alam pedesaan yang alami dan terkesan sedikit rustic. Oleh sebab itu pilih material natural seperti kayu atau batu alam sebagai pelapis dinding, lantai atau plafon, kemudian biarkan polos tanpa finishing, sehingga terkesan lebih natural.

2654+2655+2656

  • Motif Floral

Motif bunga-bunga kecil (floral) berwarna pastel (soft color) seperti pink muda, hijau tosca atau biru muda menjadi ciri khas lain dari desain interior bergaya country. Aplikasinya tak perlu banyak, biasanya motif ini hanya tampil sebagai aksen melalui upholstery sofa atau arm chair.

  • Elemen Vintage

Tata elemen dekoratif bergaya vintage untuk menguatkan suasana ala country. Selain memajang benda lawas, Anda juga bisa memadukan sofa bergaya shabby chic dengan furnitur vintage era tahun ’50-an yang unik dan berkarakter.

  • Bermain Kain dan Renda

Gunakan kain dan renda (lace) untuk mendekorasi ruangan, seperti gordyn, taplak meja atau sekedar sebagai aksesori penutup sofa.

Menurut arsitek Rosi Rahadi, rumah bergaya country sudah cukup lama diterapkan di Indonesia. Bahkan, gaya ini lebih dulu ngetren dibandingkan gaya Mediteranian yang “baru” booming pada era 1990-an. Kehangatan yang coba ditampilkan di dalam gaya hunian ini membuat para pemilik rumah penasaran untuk ikut menerapkannya juga.

 

Ciri yang ditonjolkan hunian bergaya country hampir sama dengan desain rumah Mediteranian. Gaya country umumnya mengedepankan penggunaan bahan-bahan yang berasal dari alam, sama halnya dengan gaya Mediteranian. Namun, bedanya gaya rumah Mediteranian cenderung mengambil kiblat desain ke Eropa.

 

Rosi mengatakan, untuk menerapkan rumah bergaya country atau Western, Anda sebaiknya banyak mengaplikasikan material batu dan kayu. Untuk mempertegas gaya tersebut, terapkan pula furnitur dan aksesori pendukung lain yang tentu saja harus bernapaskan Western.

 

Selain itu, gaya country juga lebih mengedepankan unsur kekunoan. Biasanya orang menyukai gaya ini lantaran memiliki jiwa nostalgia yang sangat kental. Pemiliknya pun tidak jarang merupakan kolektor benda-benda antik, termasuk lukisan klasik.  Maka tak heran, dalam hal penataan interior, yang cenderung ditonjolkan adalah selera maupun imajinasi si pemilik rumah atau arsiteknya.

untuk interiornya, Rosi menyebutkan, rumah country lazim mengadopsi warna-warna alam, semisal kuning kecokelatan sehingga kesan yang muncul adalah kehangatan dan homey. “Tapi, tidak jarang orang menerapkan warna asli dari bahan alam yang digunakan, yaitu warna batu dan kayu, kemudian juga warna hijau daun. Jadi, kalau disimpulkan, warna yang mendominasi adalah cokelat dan gradasinya dengan warna lain sebagai pelengkap, yakni kuning dan hijau,” papar Rosi.

Di samping itu, furnitur dan pajangan juga tak luput dari unsur material alamiah. Misalnya, sebut Rosi, untuk mendukung penggunaan bahan alam di dalam ruang, sang penghuni menambahkan elemen ukiran atau lukisan bertema alam.

“Tapi, ada juga penghuni yang membuat rumah gaya country seperti di tempat aslinya. Contoh, si penghuni mengaplikasikan pajangan berupa kepala sapi atau bahkan pelana kuda dan roda kereta yang dipajang. Biasanya benda- benda tersebut diletakkan di atas pintu atau di bagian atas dekat plafon,” paparnya.

 

Kelebihan rumah bergaya country adalah kesan yang ditimbulkan olehnya, yaitu asri, hangat, dan homey. Sementara kekurangannya adalah, dibutuhkan cost yang tinggi untuk menerapkan gaya tersebut. Sebab, saat ini harga bahan-bahan alamiah—seperti batu hias dan kayu—sudah semakin mahal. Selain itu, perbandingan persediaan kayu dengan permintaan konsumen juga sangat jauh dan cenderung tidak berimbang. Namun, berbeda kondisinya jika penggunaan kayu diganti dengan bambu. Cost yang dibutuhkan tentu bisa ditekan dan produksinya pun relatif lebih murah.

 

SUMBER :

http://majalahasri.com/mendekorasi-ruang-bergaya-country/

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/03/22/30/314722/kehangatan-rumah-bergaya-country

 

 

Advertisements

Author: prdputra

bulshit teller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s